Pages

EKONOMI PRODUKSI

Produksi adalah kegiatan menciptakan dan menambah daya guna barang dan jasa.

Tujuan produksi
adalah menjaga kesinambungan usaha, meningkatkan keuntungan, meningkatkan jumlah, mutu, dan metode barang, serta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
Faktor produksi merupakan semua benda dan alat-alat y6ang digunakan untuk menghasilkan atau menambah daya guna barang. Faktor produksi meliputi sumber daya alam, manusia, modal, dan sumber daya kewirausahaan.
Sumberdaya alam meliputi tanah, air, hutan , udara, sinar matahari, dan barang-barang tambang. Sumber daya manusia dibedakan atas sifat kerja dan kualitas kerja. Sumber daya modal dibedakan menurut sifat, fungsi, bentuk, dan menurut sumber.

Fungsi pengusaha meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. Fungsi produksi adalah mengkombinasikan sumber daya alam, manusia, modal, dan teknologi yang digunakan. Total produksi adalah produksi keseluruhan. Produksi marginal adalah produk tambahan karena bertambahnya faktor produksi.

Hukum produk marginal yang semakin menurun menyatakan bahwa apabila faktor-faktor produksi bertambah terus menerus sebanyak unit tertentu, pada mulanya total produksi meningkat, tetapu sesudah mencapai tingkat tertentu produk marginal akan semakin menurun.

KEGIATAN EKONOMI
a. Produksi
b. Distribusi
c. Konsumsi


PELAKU EKONOMI

a. Rumah tangga
b. Perusahaan
c. Pemerintahan
d. Masyarakat luar negeri

Prinsip ekonomi adalah asas berusaha dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil semaksimal mungkin atau bertindak dengan alat yang tersedia untuk memperoleh hasil yang sebesar-besarnya.

Motif ekonomi adalah dorongan untuk melakukan tindakan ekonomi. Motif ekonomi yang umumnya melatari kegiatan ekonomi :
a. ingin makmur
b. ingin menguasai sector-sektor ekonomi
c. ingin terpandang di masyarakat
d. ingin berbakti terhadap sesame manusia (berbuat social)

Polotik ekonomi adalah tindakan yang diambil di bidang ekonomi untuk memperbaiki perekonomian dalam rangka mencapai kemakmuran.

1 komentar:

johan supriyanto mengatakan...

Produk Total merupakan?

Posting Komentar